Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee Mudah

Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee — Shopee merupakan salah satu marketplace yang sudah sangat populer di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan harga produk yang bersaing,banyaknya voucher dan adanya ongkos kirim hingga gratis.

Harga yang murah dan terjangkau menjadi alasan utama masyarakat lebih sering memilih untuk berbelanja online di Shopee. Namun ada kalanya sebagian orang mengalami kerugian di Shopee karena barang yang dibeli tidak sesuai.

Anda tidak perlu panik karena Shopee terdapat fitur pengembalian dana apabila barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi atau produk bermasalah.

Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee
Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

Namun hal tersebut harus disertai bukti dengan melakukan perekaman saat membuka produk.

Cara Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

Setelah anda memiliki bukti berupa rekaman video saat anda membuka kemasan paket yang bermasalah. Yang perlu anda lakukan adalah mengajukan pengembalian kepada pihak penjual.

Jika anda tidak mengetahui caranya,anda hanya tinggal mengikuti tutorial yang akan brtc berikan di bawah ini. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke Shopee dan login ke akun anda.
  2. Pilih menu “Saya” yang berlambangkan orang.
  3. Akses ke menu “Pesanan Saya” dan pilih barang yang akan dikembalikan.
  4. Tekan opsi “Ajukan Pengembalian” yang ada pada halaman “Rincian Pesanan”.
  5. Selanjutnya,pilih alasan yang relevan mengapa anda ingin mengajukan pengembalian.
  6. Masukkan foto dan beri keterangan mengapa barang ingin dikembalikan.
  7. Pilih solusi dan tentukan pilihan pengembalian barang ataupun dana.
  8. Isi alamat email anda yang masih aktif.
  9. Setelah data terisi dengan lengkap,tekan opsi “kirimkan”.
  10. Selesai.

Setelah mengajukan pengembalian barang,maka proses selanjutnya dalah mengirimkan barang yang bermasalah ke penjual yang nantinya akan diselesaikan sesuai dengan solusi.

Proses Pengiriman Barang Yang Diajukan Pengembalian

Proses selanjutnya adalah anda harus mengembalikan barang yang dirasa bermasalah kepada pihak penjual. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tunggu persetujuan dari pihak penjual supaya dapat diproses.
  2. Setelah disetujui,pilihlah jasa kirim yang terdapat di halaman rincina pengembalian.
  3. Pilihlah opsi Drop Off J&T Express supaya mendapatkan gratis ongkir.
  4. Tekan “Konfirmasi” untuk mulai melanjutkan.
  5. Setelah pihak J&T Express mengambil barang yang ingin dikembalikan,maka akan muncul nomor resi.
  6. Tunggu pengiriman dari kurir ke penjual diselesaikan.
  7. Jika penjual sudah berhasil menerima barang dan menyetujui pengembalian dana,maka anda akan mendapatkan kembali dana di Shopeepay.
  8. Selesai.

Anda juga berdiskusi dengan penjual mengenai pengembalian produk pada fitur diskusi di halaman Rincian Pengembalian. Fitur ini akan berfungsi untuk mendapatkan solusi yang sama-sama menguntungkan antara penjual dan pembeli.

Pihak Shopee hanya menyediakan J&T untuk pengiriman gratis. Namun anda juga bisa menggunakan jasa lainnya dengan membayar biaya gratis ongkir.

About Bambang Sayekti

Check Also

Cara Mengubah Blog Pribadi Menjadi Akun Privat

Cara Mengubah Blog Pribadi Menjadi Akun Privat, Gampang

Cara Mengubah Blog Pribadi Menjadi Akun Privat – Instagram merupakan sebuah sosial media yang saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published.